Selasa, 12 April 2011

LPJ KARANG TARUNA DESA PADANG TAHUN 2010

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
KARANG TARUNA DHARMA BAKTI DESA PADANG KEC.TRUCUK
KAB.BOJONEGORO PERIODE 2009 - 2011

BAB I
PENDAHULUAN

Kawan-kawan,yang kami hormati………………
Sudah 2 tahun kiranya kepengurusan karang taruna DHARMA BAKTI DESA PADANG yang merupakan hasil musyawarah ke-1 ini berjalan. Beberapa dinamika telah di lalui pada periode ini ( 2009-2011 ).Tantangan, halangan dan keterbatasan selalu disikapi dengan rasa optimisme yang tinggi. Tentu dalam kurun waktu satu periode ini banyak hal yang telah kita lalui bersama-sama. Namun semua itu tidak terlepas dari kegagalan, kelemahan yang hendaknya biasa di jadikan bahan evaluasi tersendiri bagi kelanjutan Karang Taruna DHARMA BAKTI Desa Padang kedepan.
Dalam kesempatan bersejarah ini, dan dihadapan segenap pemerintahan desa dan pemuda-pemudi Desa padang, perkenankan kami memaparkan catatan dan gerak, langkah aktivitas pengurus karang taruna DHARMA BAKTI Desa Padang periode 2009-2011 yang sempat terdokumentasi, musyawrah yang berlangsung pada bulan pebruari 2009 lalu, merupakan modal yang sangat berharga bagi pengurusan periode ini. Sebab dalam musyawarah tersebut dengan suasana dinamis dan kolektif, hasil yang telah disepakati menjadi tanggung jawab bersama-sama yang selanjutnya di jadikan acuan dalam organisasi.
Banyak sekali kelemahan-kelemahan yang kami miliki selaku pengurus Karang Taruna DHARMA BAKTI Desa Padang yang kiranya kami tidak perlu kami tutupi justru dengan keterbukaan ( antar pengurus Karang Taruna DHARMA BAKTI Desa Padang maupun dengan seluruh masyarakat ) akan membentuk organisasi yang solid yang akan bisa melengkapi satu dengan yang lainnya. Secara umum kelemahan tersebut meliputi : Minimnya penguasaan jaringan, koordinasi yang kurang maksimal, komitmen yang kadang terlukai, administrasi dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu-persatu tetapi dibalik penilainya sendiri setidaknya itu yang bisa membuat kita bisa bertahan sampai saat ini. Dan ini di buktikan dengan terselenggaranya agenda musyawarah ini guna merumuskan kebijakan-kebiakan organisasi serta yang tak kalah pentingnya adalah regenerasi kepemimpinan sebagai salah satu parameter eksistensi sebuah organisasi.
Karang Taruna DHARMA BAKTI Desa Padang pada momentum musyawarah ini dengan mengambil tema “ Membangun integritas di tengah kesadaran pemuda “ Tema tersebut merupakan gambaran bahwa dalam setiap organisasi, integritas merupakan hal pokok yang harus dimiliki setiap anggota karang taruna dimana pondasi organisasi tidak akan pernah kokoh jika tidak ada integritas didalamnya, ,namun integritas anggota memang berbeda-beda satu dengan yang lainya termasuk di karang taruna DHARMA BAKTI Desa Padang. Mengacu dari hal demikian bentuk kaderisasi karang taruna DHARMA BAKTI Desa Padang disamping melakukan konsolidasi agar terbuka wacana terbangunya integritas kader ditengah kesadaran yang berbeda serta tanggung jawab yang berbeda-beda untuk melaksanakan segala aktifitas organisasi dan fungsinya sebagai organisasi sosial.

a. Strategi pengebangan karang taruna DHARMA BAKTI (Grand Design pelaksanaan )

Kawan-kawan yang kami banggakan……………
Kemudian terkait dengan pelaksanaan kegiatan karang taruna DHARMA BAKTI kami senantiasa mencari titik keseimbangan antara kegiatan yang bersifat eksternal dan internal, kenapa periode kami senantiasa mencoba menyeimbangkan dua pola tersebut. Karena kami, berharap dapat merefleksikan dua landasan ( dua kaki ) yang seharusnya di jalankan oleh karang taruna Dharma Bakti Desa Padang yaitu :
1.Internal, dalam bidang ini kegiatan diarahkan pada upaya pelaksanaan koordinasi antar pemuda dari tiap-tiap dukuh yang ada di Desa Padang baik itu formal maupun nonformal dalam hal ini setiap pemuda di arahkan pada kegiatan yang bersifat positif sehingga pemuda Desa Padang tidak terkenal arogan tapi juga bisa bekerja untuk organisasi dan sosia.
2.Eksternal dalam bidang ini kegiatan diarahkan pada upaya merespon perkebangan isu lokal dan kerjasama denga jariangan luar daerah untuk kemajuan Desa Padang

b. Menejerial kepengurusan karang taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang
kawan-kawan seperjuangan……….
Dalam mengemban amanat satu periode ini, pengurus lebih sering mengunakan pola kepemimpinan kolektivitas yang berdasar pada Job Description masing-masing pengurus dan telah menjadi ketetapan pengurus berdasarkan Rapat kerja pengurus, namun dengan adanya kewenangan tersebut bukan berarti tidak ada koordinasi sama sekali, melainkan tetap ada koordinasi yang di fasilitasi dalam rapat pengurus, serta koordinasi non formal.
Kawan-kawan yang kami sayangi……….
Dengan berpijak pada hasil pembahasan program kerja pengurus tersebut, kami mulai melangkah menjalankan aktivitas organisasi. Dan dalam perjalanan kepengurusan kami tidak terlepas dari penyakit ‘klasik’ yang bisa menimpa dan em-virus-i di setiap organisasi ; yakni ketidak aktifan beberapa pengurus. Meskipun bagaimanapun, sikap toleransi dan solidaritas tetap harus kami kedepankan, karena kebutuhan subyektif beberapa pengurus yang tidak dapat ditunda apalagi ditinggalkan sehingga pengurus yang ada semaksimal mungkin meng-cover tugas dan tanggung jawab dai pengurus yang tidak aktif tersebut, dengan harapan tidak terputusnya kaderisasi dan koordinasi. Namun demikian aas nama seluruh pengurus, kami minta maaf dan harapan kepengurusan mendatang dapat lebih komitmen dan lebih eksis dari pada kepengurusan kami tentunya disertai dengan keyakinan yang tinggi.

II. Laporan kegiatan dan realisasi program

Sebagai catatan, laporan kegiatan yang kami sampaikan ini merupakan laporan secara umum yang terdokumentasi pengurus karang taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang . tentunya masih banyak lagi kegiatan non formal yang tidak kami dokumentasikan sebagai bahan laporan, mengingat program yang telah dilaksanakan meliputi agenda formal, informal dan nonformal organisasi. Selanjutnya laporan pengurus tiap-tiap bidang sebagai berikut :

A. SEKERTARIS

Saudara-saudara seperjuangan………..
Dua tahun sudah kepengurusan Karang Taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang yang telah saya jalani saya selaku sekertaris, tentu banyak tugas dan tanggung jawab yang kurang maksimal. Misalnya dalam pembuatan surat-menyurat dan pengarsipan. Tapi karena kita sering menggunakan pola kepemimpinan kebrsamaan yang mengunakan pola solidaritas jadi pengurus yang ada berusaha semaksimalmungkin meng-cover dan membantu tugas dantanggung jawab sekertaris guna terciptanya rasa persaudaraan organisasi, selain itu pengurus telah menggunakan fasiltas surat elektronik yaitu HP.
Kawan-kawan yang kami hormati………..
Berikut ini akan kami sampaikan kegiatan-kegiatan kesekertariatan selama periode ini. Namun sebelumnya, perkenankan kami menyampaikan permohonan maaf kepada semua pemuda-pemudi Desa Padang yang hadir disini kalau selama periode ini pengarsipan kurang lengkap dan untuk mempermudah sistem pengarsipan :



WAKTU KEGIATAN TEMPAT KETERANGAN
20-2-2009 Sosialisai bendung gerak Kantor kecamatan Trucuk Perwakilan 2 orang
13-3-2009 Musyawarah rutin Balai desa ALL
28-3-2009 Sosialisasi bendung gerak Balai Desa Padang Perwakilan 5 orang
24-5-2009 Musyawarah rutin Balai Desa Padang ALL
25-5-2009 Kerja bakti membersihkan lapangan bola Desa Padang Lapangan bola Desa Padang ALL
24-6-2009 Musyawarah rutin Balai Desa ALL
8-7-2009 Musyawarah rutin Balai Desa ALL
3-8-2009 Kegiatan Agustus Lapangan Desa Padang ALL
16-8-2009 Malam sujud syukur Balai Desa ALL
28-8-2009 Musyawarah rutin Balai Desa ALL
25-9-2009 Halal bi halal Balai desa ALL
1-9-2009 Penyaluran LPG Balai Desa Padang ALL
20-1-2010 Musyawarah rutin Balai Desa ALL
15-3-2010 Musyawarah rutin Balai Desa ALL
16-3-2010 Kerja bakti Lapangan desa Padang ALL
13-5-2010 Musyawarah rutin Balai desa ALL
17-7-2010 Musyawarah rutin Balai desa ALL
15-8-2010 Musyawarah rutin Balai Desa ALL
16-8-2010 malam sujud syukur Balai Desa ALL
26-8-2010 Kegiatan pengajian Balai desa ALL
Halal bi halal Balai desa ALL
15-10-2010 Musyawarah rutin Balai desa ALL
13-12-2010 Musyawarah rutin Balai desa ALL
17-1-2011 Musyawarah rutin Balai desa ALL
27-2-2011 Musywarah rutin Balai desa ALL
07-3-2011 Kerja bakti Lapangan desa ALL

Demikian laporan pertanggung jawaban sekertaris Karang Taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang periode 2009-2011. Dengan melihat kembali kekurangan yang menyelimuti periode ini, hendaklah kawan-kawan berkaca dan menjadikan kawan-kawan berfikir bahwa kekurangan itu harus di hilangkan sedikit-demi sedikit sehingga akan lenyap sama sekali. Sebelum dan sesudahnya kami sampaikan terima kasih!!!!!!!!

Padang,11 maret 2011
Hormat kami,
Sekertaris karang taruna DHARMA BHAKTI
Desa Padang (2009-2011)



ANYS TRI HANDAYANI

B.BENDAHARA
Kawan-kawan yang kami banggakan………..
Pendanaan menjadi hal yang urgen dalam setiap organisasi, sebab tanpa adanya pendanaan yang jelas, program atau pendanaan akan terhambat hal tersebut akann menjadi catatan karang taruna DHARMA BHAKTI Desa Padanguntuk mengupayakan pemasukan-pemasukan organisasi dan mengatur pengeluarannya dalam bentuk menejemen yang proporsional. Tentunya yang demikian merupakan keharusan agar setiap kegiatan-kegiatan organisasi dapat dilaksanakan dengan baik secara umum pendanaan Karang Taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang diperoleh dari sumber sebagai berikut :
 Iuran listri ( perbulan )
 Bantuan dari pemerintah Desa Padang
 Donator yang tidak mengikat
 Program-program lain
Mengenai sumber pemasukan kepengurusan kali ini menitik beratkan dari kemandirian organisasi untuk sedapatnya mengakomodasi keperluanya sendiri. Seperti yang di jelaskan dalam poin 1,2 dan 3 yaitu dari penarikan iuran listrik bantuan dari pemerintah desa dan donatur, ini terbukti sangat membantu sebenarnya kebutuhan dalam melaksanakan kegiatan maupun untuk operasional organisasi tidak akan terlaksana tanpa adanya insentif berupa kontribusi tersebut. Karena mengingat pengeluaran organisasi sangatlah komplek yang meliputi :
 Pembiayaan kegiatan-kegiatan organisasi
 Biaya operasional
 Kegiatan-kegiatan sosial

Laporan keuangan Karang taruna DHARMA BAKTI Desa Padang
Laporan keuangan secara umum Karang Taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang sebagai berikut:

I. POS PEMASUKAN

No Pos-pos anggaran realisasi Realisasi
2009 2010
1 Bantuan dari Desa Padang 6.500.000 -
2 Donatur 2.500.000 4.000.000
3 Iuran listrik 1.494.600 737.000
4 Dari kader 300.000 -
5 Donator yang tidak mengikat 3.000.000 -
6 Sisa kas - 1.863.900
Jumlah 14.049.600 6.600.900

II. POS PENGELUARAN

No Pos-pos anggaran realisasi Realisasi
2009 2010
1 ATK 295.900 -
2 Biaya musyawarah rutin 98.000
3 Kegiatan-kegiatan 11.058.000 4.437.000
4 Perawatan PJU 700.000 -
5 Pembayaran listrik 33.800 -
6 Kegiatan olah raga - 908.000
Jumlah 11.185.700 5.345.000

Jumlah penerimaan 14.049.600 6.600.900
Jumlah pengeluaran 12.185.700 5.345.000
Saldo 1.863.900 1.255.900

Demikian laporan bendahara Karang Taruna DHARMA BHAKTI Desa Padang periode 2009-2011 semoga beberapa program yang belum sempat kami laksanakan dapat dilanjutkan oleh kawan-kawan pada kepengurusan berikutnya dan disertai dengan pembenahan system administrasi yang tertib dan dokumentasi keuangan yang lebih baik lagi sebelum dan sesudah kami sampaikan terima kasih


Padang 11 maret 2011
Hormat kami


BENDAHARA




H. Monev ( monitoring dan evaluasi )
Kawan-kawan sekalian,,
Dalam pelaksanaan program, kami akui masih banyak yang belum bisa kami lakukan dan tidak sesuai yang kawan-kawan harapkan yang hadir pada saat ini hal ini dikarenakan kondisi kami yang penuh dengan keterbatasan, selain hal tersebut kendala terlaksananya program adalah karena kami juga butuh aktivitas tuk bisa melanjutkan masadepan kami dan memenuhi kebutuhan berorganisasi .
Oleh karena itu untuk kepengurusan mendatang untuk bercermin pada hambatan-hambatan kami yang menbuat kami tidak bisa jalan sesuai yang diharapkan oleh kawan-kawan, kami berharap kepengurusan mendatang bisa lebih baik dari kepengurusan kami ini,, Amin,,,,,,,,,,
Sebelum kami menyampaikan penutup laporan pertanggung jawaban kami ini kami mohon pada panitia musyawarah untuk bisa berdialog mengenai kebijakan kami selama ini,,,,,,,,,,

PENUTUP

Demikianlah Laporan pertanggung jawaban ini kami buat kurang dari kesempurnaan laporan ini menjadi tanggung jawab berdasarkan betapa pentingnya amanah yang di berikan kepada kami,sekaligus sebagai gambaran obyektif realisasi program yang di berikan kepada kami . Namun demikian jika masih banyak kekurangan ataupun masih belum bisa memenuhi harapan dan dirasa masih banyak kekurangan hal ini disebabkan karena kekhilafan dan kelemahan yang menjadi tanggung jawab bersama untuk di benahi dan disempurnakan dan kami tidak lupa meminta maaf yang sebesar – besarnya.akhirnya marilah kita berusaha untuk menjadikan organisasi ini sebagai ajang melatih generasi penerus desa generasi yang apresiatif.




Padang,10 Februari 2011


Ketua Sekertaris



LIDIANA ANYS TRI HANDAYANI

1 komentar:

  1. minta soft copynya yang bentuk word dong, kirim ke danudharmoyo@yahoo.com

    BalasHapus